Categories
Lain-lain

Gerakan dan Contoh Pola Lantai Tari Serimpi

kebudayaan dari tanah Jawa, memanglah sangat unik sekali, termasuk pola lantai tari serimpi yang masih ada sampai sekarang ini dan tetap lestari di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Kebudayaan asli Jawa Timur ini juga menjadi sebuah tradisi yang pada masanya dilakukan dilingkungan Kerajaan walau pada perjalanannya mengalami banyak sekali perkembangan. Sayangnya, tidak semua orang Indonesia mengenal kebudayaan tarian serimpi, dan memang kebudayaan yang satu ini kurang begitu dikenal oleh banyak orang.

Walau kurang begitu dikenal, anda punyang mengaku lahir dan tinggal di Indonesia tentu wajib mengetahuinya, bahkan mempelajarinya. Dengan begitu, kebudayaan yang satu ini tidak akan pernah hilang begitu saja.

Selengkapnya terkait pola lantai tari serimpi akan whineranddiner bahas pada ulasan kami kali ini dan kami pun juga akan menyertakan beberapa informasi tambahan yang lain untuk anda yang tidak kalah pentingnya.

Pola Lantai Tari Serimpi

Layaknya sebuah tarian tradisional, tentu Tari Serimpi memiliki pola tersendiri yang membuatnya beda dengan tarian tradisional yang lain. Melalu pola tersebutlah setiap penari akan memainkan perannya.

Tentu saja, setiap pola tersebut tersusun dengan sangat rapi uang akhirnya membuat tarian tersebut bisa dinikmati oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Pola lantari sendiri adalah sesuatu yang menjadi landasan dalam setiap jenis tarian. Tanpa pola yang benar tentu gerakan akan tidak beraturan dan akan merusak tarian itu sendiri.

Sebagai kebudayaan khas Yogyakarta, tarian serimpi memiliki ciri gerakan lemah lembut dalam setiap pertunjukannya. Tentu tidak hanya itu saja, tapi masih ada beberapa ciri yang lain dari tarian ini. Namun, kami akan membagikan beberaipa pola lantariyang masuk dalam tarian khas Yogyakarta satu ini.

  1. Pola Pendelori
  2. Pola Anglir Mendung
  3. Pola Sangupat

Ketiga poin di atas adalah beberapa pola yang ada dalam tarian serimpi. Tentu, setiap polanya memiliki ketentuan masing masing yang mana wajib dikuasai oleh siapa saja yang ingin belajar mengenai tari serimpi.

Gerakan Tari Serimpi

Sedangkan untuk geraknnya, tarian ini dibagi menjadi beberapa jenis gerakan, yang mana setiap gerakan ditujukan untuk beberapa kebutuhan. Mulai dari gerakan maju gawang yang artinya gerakan dengan pola berjalan saat memasukan arena pertunjukan.

Lalu terdapat gerakan pokok, yang mana gerakan ini menjadi inti dari tarian serimpi itu sendiri. Dalam gerakan ini lah inti dari perunjukan akan dijalankan. Terakhir terdapat gerakan mundur gawang yang menandakan sebuah pertujukan telah usai. Gerakan mundur gawang juga menjadi penutup saat penari kemabli ke belakang panggung.

Sama halnya dengan tarian tradisional lain, tarian khas Yogyakarta ini juga menggunakan gerakan dengan pola khusus atau lebih dikenal dengan pola lantai, yakni pola horizontal atau lurus. Menggunakan pola lantai horizontal dalam sebuah tarian akan membuat bariasan yang sejajar atau lurus.

Jadi, seperti itulah penjelasan terkait pola lantai tari serimpi yang mana dibagi menjadi tiga poin penting. Tidak sama dengan beberapa tarian khas Indonesia, yang lain, tarian ini memiliki nama dalam setiap gerakannya dan hal tersebut akan memudahkan siapa saja yang akan mempelajarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.